Kamis, Juni 19, 2008

PREPARAT APUS DARAH

I. TUJUAN
1. Mengetahui bagaimana cara membuat preparat rentang Homo (Manusia).
2. Mengetahui bagaimana bentuk keping-keping darah pada Homo (Manusia)

II. ALAT DAN BAHAN
1. Darah (Homo, Kelinci, Aves)
2. Jarum Frangkle
3. Objek glass dan kaca penutup
4. Pewarna Giemsa
5. Mikroskop
6. Pipet tetes
7. Kertas penghisap dan kapas
8. Aqua destilata
9. Methyl Alkohol

III.CARA KERJA
1. Lakukan pengambilan darah Homo pada jari tangan kiri, terutama pada jari manis, tengah atau telunjuk. Atau dapat juga pengambilan dilakukan melalui daun telinga, tusuk pada tempat pengambilan darah dengan jarum frangkle, teteskan darah pada objek glass yang telah tersedia.
2. Tetesan pertama (2-3 tetes) diapuskan pada kertas penghisap, agar terhindar dari kotoran saat penusukan, tetesan selanjutnya teteskan pada objek glass, sedemikian rupa hingga merupakan lingkaran dengan diameter 3-5 mm.
3. Letakkan kaca benda lain pada sisi tepi dari objek glass yang ditetesi darah.Terutama pada muka tetes darah, lalu tariklah ke belakang sedikit sampai kira-kira di tengah lingkaran darah, doronglah kaca benda yang berada di tepi maju ke depan dengan kecepatan dan kekuatan yang sama rata supaya mendapatkan film darah yang tipis sama rata. Arah mendorong yang dilakukan menentukan hasil dari apusan darah.
4. Keringkan di udara dan fixir dengan methyl alcohol selama 3-5 menit, kemudian warnai/tetesi dengan pewarna Giemsa selama 30-45 menit. Kemudian cucilah dengan air melalui pipet tetes, lakukan secara hati-hati dan serap sisa-sisa air dengan tisu penyerap.
5. Keringkan di udara, awetkan dengan kanada balsam dan tutup dengan kaca penutup, dan amati butir-butir sel darah putih pada mikroskop.

Tidak ada komentar: